Wednesday, November 18, 2009

Selamat Idul Adha 1429 H

"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwan dari kamulah yang dapat mencapainya....... (QS. 22:37)

Selain dimensi sosial yang sangat zahir disuarakan, ada satu dimensi berupa dimensi tauhid atau ketuhanan yang derivasinya adalah sebuah ornamen penghambaan kita pada Allah swt.; yaitu pengorbanan, dalam bahasa Arab: At-tadhiyyah. Pengorbanan dalam bentuk ketaqwaan, tentu saja, seperti yang difirmankan oleh Allah di kutipan ayat di atas. Lihat saja berapa orang yang tanpa basa basi menyumbangkan infaqnya dengan kisaran 1 juta-7 juta, ya untuk itu tadi, menunaikan kepatuhan mereka pada Allah. Sekali lagi, itulah sebentuk wujud pengorbanan.

Lantas apa maknanya buat kita-kita yang belum dikaruniai rezeki yang cukup untuk berkurban?

Tenang saja, Insya Allah masih banyak kok sarana pengorbanan yang mungkin saja belum kita tunaikan dengan sempurna selama ini. Pengorbanan jasad kita, mata kita, tangan kita, lidah kita, untuk selalu berpayung pada ketetapan Allah dan menjauhai hal-hal yang Ia llarang. Pengorbanan harta kita untuk dizakatkan kepada yang berhak. Pengorbanan atas hati dan hawa nafsu kita untuk selalu berjiwa positif. Pengorbanan waktu kita untuk menghadiri majelis-majelis yang memperkaya ilmu dunia dan akhirat kita. Pengorbanan atas rasa kantuk kita untuk bangun di 1/3 malam terakhir dan mendo'akan keluarga kita. Dan banyak lainnya.

Karena sesunnguhnya kita sedang berbisnis dengan Allah,

"Sesunnguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu'min jiwa dan harta mereka untuk ditukar dengan syurga... (9:111).

Berani berkorban, berarti berani keluar dari zona nyaman kita. Mari jadikan idul adha tahun ini sebagai sebuah momentum untuk senantiasa begerak keluar dari comfort zone kita, berkorban, dan menggapai ridhoNya.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar Wa Lillahilhamd.

Selamat merayakan hari raya idul adha 1429 Hijriyah :).

Radyum Ikono,
8 Desember 2008
Masjid Darul Irfan SMAN 8 Jakarta

No comments:

Passenger waited at Kenangan Station


Hanya selintas pemikiran untuk merangkai setiap stasiun kenangan dalam hidup saya menjadi sebuah rute perjalanan yang indah

About Me

Singapore, Jurong, Singapore
Full-Time Undergraduate Student Materials Science and Engineering Nanyang Technological University Singapore