Wednesday, November 18, 2009

NASI UDUK (1)

Jum’at siang di Masjid Darul Irfan, masih dalam suasana liburan Ramadhan. Tujuh Anak Rohis sedang ngobrol.

“Duh, perasaan liburan gini bukannya malah produktif, malah jadi serba males. Mana kantong kosong pula. Mo nonton juga mikir-mikir”, gerutu Diaz, sambil merogoh-rogoh kantongnya yang memang hampa tak berisi.

“Ah, ente pikirannya nonton mulu… Mending juga ngaji. Udah gratis, dapet ilmu, dapet pahala pula! Apalagi ini lagi bulan Ramadhan. Kata Ustadz Sanusi, kalo kita beribadah di Bulan Ramadhan tuh pahalanya bakal dilipat gandain. Tul gak…?”, Adrin menimpali.

“Udeh ah, ribut aje! Jadi latian gak nih? Masa’ udah 2 minggu gak latian-latian. Mo dibawa kemane tim nasyid kita, pren…?” tanya Eman penuh semangat empat-lima.

“Iye, bener. Perasaan ngomong mulu mo latian, ga pernah jadi-jadi. Kita tuh mesti selalu konkrit, konkrit dan konkrit… ‘Cool banget ga sih gaya gue’ (sambil gaya kaya si Melky “Bajaj” tuh…)”, timpal Ikono, yang malah bikin suasana jadi tambah gak jelas.

“Ya udah lah, kita mulai aja deh. Udah kumpul semua kan? 1, 2, 3, …… 7, nah sipp! Berarti bisa kita mulai nih!” seru Eman yang sepertinya sudah agak emosi melihat teman-temannya yang mulai kena sindrom ‘gazebo’ itu.

“OK deh, lagu pertama apa nih?” tanya Dipta.
“So pasti lagu andalan kita, AGeJe”, jawab Niko. “OK, kita mulai ya…”
“Yuuuk…”, jawab semuanya serempak dan langsung saja mereka mulai menyanyikan lagu pertama, kedua dan seterusnya, sambil terus diulang-ulang sampai lancar. Hingga tak terasa dua jam telah berlalu, mereka memutuskan untuk menyudahi latihan dan pulang ke rumah masing-masing.

* * *

Keesokan harinya, Niko dan Dipta pergi ke rumah Juno untuk bermain tenis meja bersama-sama. Setelah bermain selama beberapa set, mereka memutuskan untuk beristirahat sebentar di kamar Juno.

“Wah, seru juga tadi maennya. Ente ternyata jago juga Dip!” Juno memulai perbincangan.
“Ah, biasa aja. Faktor gen kali. Maklum, abi ane kan mantan petinju…”, balas Dipta.
“Lho, kok gitu? Keluarga yang aneh…”, kata Niko, melengkapi ke’unik’an seluruh peserta perbincangan,, anak-anak zaman sekarang…. “Eh, by the way, gimana nih DVD-ROM kita? Terakhir ane denger defisit masih 10 juta?”

“Iye tuh. Tau, si Adrin. Kebanyakan TePe, kagak pernah mikirin DVD-ROM. Pusing juga nih ane… Gimana ye caranye dapet duit 10 juta, sementara sekarang udah H-2 minggu?” Juno, koordinator dana DVD-ROM mulai kebingungan. Maklum, DVD-ROM adalah kegiatan sanlat tahunan yang sering kali ditafsirkan sebagai first impression anak-anak baru dengan ROHIS.

“Eh, ane ada usul nih. Iseng-iseng aja sih. Gimana kalo kita ngamen aje di bis ato di kereta? Kan lumayan tuh, sehari aje, mungkin kita udah bisa dapet sekitar 200 ribu. Gimana menurut ente?” usul Niko.

“Ngamen? Gak ahsan dong akhi… Masa anak ROHIS nyanyiin lagu-lagu cinta-nya FETER FAN or SLANG gitu? Yang bener aje ente…”, timpal Juno, agak kurang setuju dengan usul Niko tadi.

“Yee, sape bilang nanyi lagu kayak gituan. Ya nyanyi nasyid lah… Kita kan Tim Nasyid? Gimana sih…Lagian kan ini lagi bulan Ramadhan, orang-orang kan juga udah pada biasa lah sama nuansa-nuansa keislaman. Itung-itung dakwah juga kan…”, balas Niko enteng.

“Wah, ane setuju banget tuh! Top juga tuh idenya! Ya udah deh langsung aja kita jalan besok, gimana?” tanya Dipta penuih semangat.

“Ooooh begitu… Okeh… Boleh juga tuh! Ane bikin jartel aje ye buat besok. Kita kumpul aje di sini, trus bareng-bareng jalan ke terminal Pulo Gadung. Kan banyak tuh PATAS-nya. Gimana?” tanya Juno.

“Yuuuk…”, jawab Dipta dan Niko serempak. Langsung Juno mengambil En_gage-nya dan meng-sms anggota yang lain untuk persiapan besok:

Ass. Bsk kmpl di rumah Juno jam 9.00 tepat, ga pake tlat. Ada agenda pntg ampe sore. Siapin wkt. Syukron. Forward! Juno-Ikono-Adrin-Diaz-Eman

* * *

“Haah, ngamen? Dahsyat juga antum, idenye… OK deh, langsung aje deh kita jalan. Btw ga perlu latian lagi kan?” Ahad pagi, Ikono begitu bersemangat setelah diceritakan mengenai rencana ngamen di PATAS.

“Wah, keren juga tuh bro… Lumayan, tepe-tepe di depan banyak orang…”, timpal Diaz, sambil senyum-senyum.

“Waaaah, ente niatnya udah salah tuh akh. Inget dong lagunya Tim GRADATOR, ‘Hanyalah Untuk Allah…’. Jangan sampe niatnya buat gaya-gaya doang. Btul gak?” seru Adrin, mencoba untuk meluruskan.

“Becanda lagi…”, balas Diaz datar.
“Eh, tapi kita kan belom bikin nama tim…”, Eman mengingatkan.
“Nah, ane ada usul nih. Sebenernya udah dari dulu sih... NASI UDUK aja, gimana? ‘NASyid Islami Untuk Menghibur DUKa’. OK, kan?” Niko mengusulkan.

“Agak maksain sih, tapi keren juga tuh. Ya udah, itu aja gimana…? Setuju semua kan, dari pada bonyok…?” tanya Ikono.
“Setuju…!!!” timpal semuanya, kompak.

“Ya udah deh, kita jalan aja. Udah lengkap kan bertujuh? Yuk deh, langsung ke Terminal aje”, timpal Juno.

Mereka langsung menuju ke terminal Pulo Gadung dan mencoba mencari ‘objek dakwah’ pertamanya…

* * *

“Ini aja nih. Pulo Gadung-Depok, masih kosong”, usul Eman.

Setelah bernegosiasi dengan kondektur –sekaligus menjelaskan maksud ngamennya-, mereka langsung memulai aksi pertama mereka.

“Bismillahirrahmaanirrahii
m, assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh. Mohon maaf mengganggu anda semua, kami dari Tim Nasyid NASI UDUK ingin sedikit menghibur bapak dan ibu semua ……………………………”, Ikono memulai aksi NASI UDUK dengan pembukaan yang singkat, padat dan jelas.
“Baik, kami mulai saja, lagu pertama dari kami, AGeJe, selamat menikmati”. Langsung saja mereka menyanyikan lagu andalan mereka. Dilanjutkan dengan lagu kedua, ketiga dan seterusnya, mengiringi perjalanan para karyawan dan pekerja kantoran yang sedang suntuk, karena hari Minggu pun mereka harus masuk kerja.

Sampai di Lenteng Agung, setelah menempuh sekitar 1 jam perjalanan, mereka memutuskan untuk menyudahi penampilan mereka dan mulai menarik imbalan seikhlasnya dari penumpang PATAS.
“Yak, NASI UDUK mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu semuanya. Semoga anda semua selamat sampai tujuan. Mohon maaf jika kehadiran kami mengganggu anda sekalian. Billaahittaufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh”.

“Ayo pren, kita turun”, seru Juno ke yang lain.
Mereka turun tepat di pintu tol Lenteng Agung, bersama dengan beberapa penumpang yang dari seragamnya dapat dipastikan bahwa orang-orang tersebut adalah karyawan Perusahaan Aneka Tambak.

“Eh, dapet berapa tadi? Itung dong buruan! Sapa tau bisa buat makan-makan…”, seru Diaz.
“Wah…parah tuh… Ente bagemane! Nih duit kan kita niatin buat nambah kas DVD-ROM! Masa anak ROHIS korup…”, timpal Niko, kurang setuju dengan pendapat Diaz.
“Yee, kan becanda lagi,, Dianggep serius amat…”, balas Diaz. “Ya udah, diitung sambil jalan aja deh”.

Mereka berjalan pelan menyusuri jalan Simatupang, tiba-tiba terdengar seseorang yang memanggil.

“Hei, mas-mas, tunggu sebentar. Saya mau bicara sebentar sama anda semua”, kata orang yang tak dikenal tersebut, spontan membuat mereka semua berhenti berjalan.
“Maaf, perkenalkan, nama saya Muhammad Rifki, panggil saja saya Rifki atau Mumu. Saya direktur ANI, Akademi Nasyid Indonesia. Tentunya anda semua sudah tahu kan tentang ANI…?”, tanya Pak Mumu. “Dan kebetulan tadi saya naik PATAS tempat kalian ngamen, ehm, terus terang, saya sangat terkesan dengan kemampuan olah vokal kalian. Terutama kekompakan kalian”, tambahnya.

“Sumpeh pak…? Bener tuh…? Perasaan tadi kita biasa aja deh…”, tanya Dipta, agak kurang percaya.

“Bener deh, gak mungkin saya salah…! Kemampuan kalian tadi sudah selevel dengan tim nasyid taraf nasional, seperti GRADATOR, SNODO atau juga JASTIS FOIS…!” tambah Pak Mumu, yang bnar-benar membuat anak-anak NASI UDUK ‘terbang’…

“Nah, begini, langsung saja, saat ini saya sedang mencari satu tim nasyid baru untuk dijadikan pelengkap di album kompilasi ‘Nasyid Rookie 2006’, dan saya bermaksud menawari kalian. Ayo, gimana…?” tanya Pak Mumu.

Anak-anak NASI UDUK mulai kelabakan. Diaz, saking tidak percayanya, ia sampai menampar pipinya sendiri…

“Eh, gimane bro, ambil gak…?” bisik Juno ke yang lainnya.
“Ya udah lah ambil aja, kapan lagi men, bisa rekaman…! Iya gak…?” timpal Eman.
“OK-OK, ane tanya ke semuanya, mo kita ambil ato nggak nih…?” tanya Ikono.
“AMBIIILLL….!!!” jawab semuanya kompak.

“Baik, deal ya… OK, untuk perencanaan awal kita, saya tunggu kalian besok, jam 9 pagi, di kantor pusat ANI, jalan Jendral SoedirBoy no 999. Makasih semuanya, mohon maaf saya agak buru-buru, masih ada urusan lain. OK, saya tunggu besok, Assalamu’alaikum…”, Pak Mumu langsung pergi meninggalkan NASI UDUK sambil tersenyum gembira penuh kemenangan.

“Alhamdulillaahirabil ‘aalamiin… Ayo semua takbir yah…!! ALLAHU AKBAR…!!”

“ALLAHU AKBAR…!!”

* * *

“Yaz, bangun, yaz. Udah subuh nih. Susah amat sih dibangunin…”, seru Ikono.
“Apa apaan sih ente? Loh ngapain, kok ane ada di tempat tidur?” Diaz kebingungan.
“Ada-ada aje, ente mimpi kali tuh…”, tambah Ikono.
“Yaaah, Cuma mimpi, siaaaaal…….”.

* * *

“Hasil karya besar itu berawal dari sebuah mimpi sederhana”…=p
Tetep rajin latian ye…

No comments:

Passenger waited at Kenangan Station


Hanya selintas pemikiran untuk merangkai setiap stasiun kenangan dalam hidup saya menjadi sebuah rute perjalanan yang indah

About Me

Singapore, Jurong, Singapore
Full-Time Undergraduate Student Materials Science and Engineering Nanyang Technological University Singapore