Wednesday, November 18, 2009

NASI UDUK (2): Di Kala Duka

Cerita ini saya tulis dulu sekitar Juni 2006, beberapa masa sebelum berangkat merantau ke singapura. Masih dengan idealisme lama, seorang mantan ketua rohis sma negeri 8 jakarta hehe ;). Selamat menikmati ;)

Btw ini pesenannya si adrin, katanya mau nostalgia hehe ;).

Nasi Uduk 2: Di Kala Duka

“Nyam, nyam… Duh, gurih bener nih bakwan. Udah kayak bakwan Itali aja”, Niko bergumam.
“Ngaco ente. Mana ada bakwan Itali, ada juga bakwan Arab”, timpal Ikono, lebih ngasal lagi.
“Udah ah. Aneh banget sih ente berdua. Yang penting kan kenyang. Pak, pentolnya nambah tiga lagi ya!”, seru Diaz.
“Wuuuu, dasar maunya…”, timpal Niko dan Ikono serempak.

Suasana minggu pagi –masih dalam suasana lebaran- di areal asrama UI memang sangat menentramkan hati. Selain sepi, semilir angin yang berhembus, ditambah kicau burung-burung yang merdu benar-benar menghibur para personil NASI UDUK yang sudah terlarut dalam kepadatan aktivitas selama satu bulan ini.

Ya, memang, selama bulan Ramadhan kemarin, NASI UDUK banyak mengikuti lomba-lomba nasyid seperti KNI (Kontes Nasyid Indonesia ), MELASI (Mengarang lagu Islami) dan lainnya. Ditambah lagi, mereka juga baru saja menyelesaikan tugas sebagai panitia DVD-ROM di sekolah mereka. Duduk santai di atas rerumputan yang hijau, sembari bertafakur memikirkan kebesaran-kebesaran Sang Pencipta. Ya Allah, sungguh, Robbanaa maa kholaqta haa zaa baatilaa…

“Wah, emang enak ya, suasana pasca Lebaran. Makan sepuasnya…”, kata Diaz sambil mencomot satu bakwan langsung ke mulutnya.
“Ente gimana pren. Kata Rasulullah , kan harusnya kita sedih, karena bulan Ramadhan yang penuh rahmat dah berlalu”, protes Ikono.
“Lah, kan hati memang sedih, tapi boleh dong perut gembira, iya gak?”, jawab Diaz, sambil tersenyum lepas.
“Dasar bapak ini emang…”, Niko menimpali sambil menggelengkan kepala.
“Eh, iya, ngomong-ngomong yang lain mana nih? Kok gak kliatan sih, udah jam 8 nih…!!”, tanya Diaz.
Saat ini mereka memang sedang menunggu 4 orang temannya untuk latihan nasyid. Siapakah mereka? Mari kita tunggu…
“Tenang aja, 5 menit yang lalu mereka SMS sih, katanya udah di stasiun POCIN (Pondok Cina.Red)”, jawab Niko.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Dari arah danau terlihat 3 orang remaja tengah berjalan elegan (baca : sok keren), layaknya bintang film asal Cina, “V4”. Ya, tentu saja, mereka adalah 4 orang personil NASI UDUK lainnya : Juno, Adrin, Eman dan Dipta! Eh, eh, ntar dulu. Kok cuma ada 3 yang lagi jalan? Berarti yang satu lagi ke mana ya? Penasaran kan? Makanya, ikutin terus kelanjutannya...

“Assalamu’alaikum pren…!! How are you…? Minal Aidin Wal fa idzin ye. Maafin ane kalo ada salah”, seru Eman pertama kali.
“Wa’alaikumsalam”, jawab Niko, Ikono dan Diaz serempak.
“Untung nyadar ente banyak salah. Iye, sama-sama. Maafin ane juga”, balas Ikono.

Kemudian selama beberapa menit kemudian, mereka melepas rindu setelah tidak bertemu sekitar 1 minggu karena libur. Mereka juga saling bermaaf-maafan, sambil berpelukan, memohon keikhlasan teman-temannya untuk memaafkan segala kesalahannya.

“Eh, BTW, Dipta kok gak ada? Bukannya ente pada bareng-bareng ya?”, tanya Diaz kebingungan.
“Loh, ane kira justru Dipta sama ente-ente pade. Makanya tadi gak kita tungguin di sekolah”, jawab Juno.
“Loh, kok gitu sih? Ya udah deh, sms aja. Jangan-jangan dia lupa lagi...”, tambah Niko.
“Ya udah deh, mendingan langsung aja kita mulai. Sekitar jam 2 ane ada janji ama cewe’, eh salah, ama ibu ane…”, kata Adrin.
“Adrin, adrin. Udah pensiun dari kepengurusan rohis langsung deh…”, timpal Juno, sedikit mengejek.
“Ya udah deh, semua duduk dulu…”.
“Eh, bentar, ane balikin piring bakso dulu ya!”, seru Diaz.
“Ya udah sono, buruan. Makan sendirian aje sih, dasar…”, Eman.

Setelah Diaz tiba, nereka membentuk posisi melingkar, seperti sebuah majelis Liqo’at (mentoring.Red).
Dipimpin oleh sang kapten, Eman, “OK, kita buka dengan lafaz basmalah…”
“Bismillaahirrahmaanirrahiim”.

Sesaat kemudian mereka memulai latihannya seperti biasa. Sebelumnya, maaf kalo telat memperkenalkan, NASI UDUK terdiri dari 7 orang. Niko sebagai lead vocal, Ikono sebagai perkusi+vocal, Juno dan Dipta sebagai suara dua, Eman dan Adrin sebagai perkusi dan terakhir Diaz sebagai bass. Hampir satu jam sudah berlalu, setelah mengulang-ulang sekitar 10 lagu, mereka menyudahi latihan mereka.

“Wah, alhamdulillah nih, ternyata 2 minggu gak ketemu masih kompak aje ye! Tapi gak ada Dipta jadi agak susah nih. Ane mesti double job buat negebantu suara tingginya Juno. Ternyata bener ye, perumpamaan muslim itu ibarat batu bata yang saling melengkapi. Kalo satu gak ada pasti jadi timpang”, seru Ikono sekaligus memberikan tausiyah.
“Yo’i setuju banget. Tapi namanya juga NASI UDUK gitu loh! Juara 3 KNI...! (haaah, mimpi kali ye... ;p). Harusnya kehilangan satu personil gak jadi masalah lah”, timpal Juno.
“Hush... Jangan sombong dulu, teman. Nanti rizki kita dicabut tau rasa loh”, timpal Adrin, mengingatkan Juno.
Tuutut... Tuutut...
“Eh, pren. Dapet sms dari Dipta nih!”, tiba-tiba Eman berteriak.
Secara otomatis mereka langsung melingkari Eman yang sedang memegang ENGAGEnya,

AsW. Tmn2, afwan y ga bisa dtg. Ane ada acr klrg. Eh, btw bsk ane mo ngomong sesuatu yg pntg nih! Bsk kita kmpl mingguan sprt biasa kan? Ya udah, ane harap antum pada dateng semua y! Serius pntg bgt nih. SBY-JK (Syukron Banget Ye. Jazakumullah Khair.RED)

“Waduh, gaya banget nih si Dipta pake mo ngomong serius segala. Palingan juga mo nawarin MLMnya seperti biasa, hehe...”, seru Niko. Maklum, si Dipta ini salah satu jagoan bisnis MLM di sekolahnya.
Kemudian Eman memotong, “Ya udah deh, pokoknya buat hari ini udah cukup kan ya? Ya udah disudahi aja deh. Kita tutup dengan do’a penutup majelis”.
“Subhanakallahumma wa bihamdika, asyhaduallaa ilaa haillaa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaiik...”, serempak semuanya.
“Besok jangan lupa kumpul mingguan, istirahat 1 di masjid, ok!”

Setelah itu mereka bersama-sama berjalan menikmati hijaunya alam UI Depok. Merasakan indahnya ukhuwah islamiyah yang dianugerahkan oleh Allah pada mereka.


***

“Pokoknya ane dah mutusin. Kita kan udah kelas 3 nih, udah gak bisa lagi kita bersantai-santai seperti pas klas 2 kemarin. Terutama ane. Ortu ane tuh udah ngelarang ane lagi buat terlalu aktif di kegiatan-kegiatan rohis. Kemaren aja ane gak dateng sebenernya gara-gara gak dibolehin. Pokoknya ane tuh udah diwajibin buat blajar, blajar dan bermain… Hehe, nggak, bcanda lah. Blajar, so pasti. Intinya, dengan sangat ringan, eh maksudnya berat hati, ane menyatakan untuk keluar dari NASI UDUK”, statement yang sangat mengejutkan. Coba tebak, siapakah yang berkata demikian? Dan kali tebakan anda tepat. Orang tersebut adalah Dipta!

Adrin, Eman, Ikono, Juno, Diaz terdiam. Saat ini mereka sedang berada di teras masjid. Seperti biasanya, mereka membuat halaqah kecil. Niko yang sedang mengikuti remedial memang menyatakan untuk tidak bisa hadir di pertemuan mingguan NASI UDUK tersebut.

Eman, sang kapten, mencoba memulai menanggapi, “Dip, ane tau tuntutan dari ortu ente emang berat, tapi gak harus sampe keluar kan ? Kita bisa aja kok mengurangi frekuensi latihan atau gimana kek. Yang penting ente jangan sampe keluar deh…”.

“Setuju, setuju…”, timpal diaz dengan suara nge”bass”nya.
“Iya, lagian juga ente kan megang suara tinggi. Kalo gak ada ente mo siapa lagi dip?”, Ikono mencoba menambahkan.
“Setuju, setuju…”, timpal diaz.
“Dah gitu gimana nih dengan cita-cita kita? Kan dulu kita bermimpi untuk terus menjaga kelompok kita ini sampe suatu saat nanti kita bisa jadi sengetop grup nasyid REHAN ato THE PIKR. Kalo ente kluar, gimana nih...”, tambah Juno, membuat suasana menjadi semakin sengit.
“Setuju, setuju...”, lagi-lagi diaz menimpali.
“Ente apaan sih? Setuju-setuju doang dah kayak anggota MPR aja...”, balas Adrin.
“Hehe, kalo ane sih apa aja gak masalah deh. Yang pasti nih HaPe permainannya seru juga ye, man”, jawab Diaz yang sedang asyik memainkan ENGAGEnya Eman.

Serempak, semua yang hadir menggelengkan kepala sembari tersenyum kesal. Mungkin dalam hati mereka, “fuuuhhh... emang nih orang. Sabar... sabar...”.

Si suara merdu, Dipta, yang ikut tersenyum juga mencoba menjelaskan lagi kepada teman-temannya, “My pren yang dirahmati Allah, afwan. Ini udah jadi keputusan ane. Lagipula keluarnya ane kan buka berarti segalanya. Antum bisa aja kan mencari personil baru buat menggantikan ane. 150 siswa angkatan kita masa sih gak ada yang bisa gantiin ane buat megang suara tinggi? Agus IPA J, trus Pangeran IPA L ato Agam IPA X kan bisa tuh diajak gabung. Pokoknya keputusan ini udah final. Ane minta pengertian dari antum semua untuk bisa melepas kepergian ane ini. Maaf kalo gak bisa menuhin janji untuk tetap setia yang dulu pernah kita ungkapkan (ceileeee... kayak suami-istri aje... ;p). Afwan kalo agak egois, tapi ane yakin inilah yang terbaik buat ane, dan buat kita semua”.

Lagi-lagi semua hanya bisa terdiam.

“ZZZIIINGGG, kok diem aja. Ada apa nih?”, tiba-tiba Niko datang, memecahkan suasana beku saat itu.
“Remedialnya udah, ko? Bisa?”, tanya Dipta.
“Alhamdulillah lumayan lah. Ya udah, trus ada apa sih nih? Kok kayaknya pada serius banget sih?”
Eman menjelaskan semua pembicaraan yang baru saja terjadi kepada Niko.
Setelah Eman selesai bercerita, sambil menganggukkan kepala, niko berujar, “Ya udahlah. Gak masalah kan. Toh Dipta sudah memutuskan. Apa hak kita buat ngelarang, iya gak?”.
“Iya sih, tapi...”, Adrin menjawab dengan ragu.
“My Pren, setiap kita pasti memiliki prioritas. Dan kita kudu menghargai prioritas itu kan? Ayolah, hargai Dipta. Dia sudah membuat keputusan. Dan kita harusnya menghargai keputusan tersebut”, tambah Niko.

Lagi-lagi suasana hening sejenak, sebelum Eman memutuskan, “Ok, ok. Kita perlu waktu buat bepikir. Ane kasih waktu 3 menit, masing-masing harap menyumbagkan pendapatnya perihal : Setujukah anda kalau Dipta keluar dari NASI UDUK? Ok, waktu 3 menit mulai dari sekarang”.

Semua berpikir keras. Mungkin ini akan jadi suatu hal yang sangat sulit buat mereka, dan 3 menit sudah berlalu...
“Baiklah, sekarang ane minta semuanya fokus. Ane minta setiap orang menjawab ya/tidak, beserta alasan singkat. Dimulai dari Ikono”.
“Mmmm, ya, ane setuju. Ane setuju sama pendapatnya niko”.
“Cukup, berikutnya Juno”.
“Ya, sama seperti Ikono”
“Syukron. Berikutnya, apakah ada yang memiliki pendapat yang sama dengan Ikono, Juno dan Niko?”.

Adrin mengangkat tangan.

“Berarti tinggal Diaz. Gimana yaz, ada pendapat yang lain gak? Dari tadi ente diem aja”.
“Gak kok. Ane setuju. Satu pesan aja buat Dipta. Silakan akh, kalau ente pingin keluar dari kelompok nasyid ini. Buat ane gak ada masalah, karena ane setuju dengan pendapat niko tadi. Tapi, satu hal, ane harap ente gak kluar dari jama’ah da’wah ini. Nasyid bukan segalanya, tapi ingat, kita adalah da’wah, kita adalah perjuangan. Nahnu du’at qobla kulli syaii’. Setiap kita adalah da’i sebelum segala sesuatunya. Ane harap, akademis tidak menghalangi ente untuk tetap beramal konkrit dalam da’wah yang mulia ini. Dan ane harap ini bukanlah akhir dari ukhuwah NASI UDUK kita. Coba aja ente inget-inget saat-saat kita pertama kali terbentuk dulu, trus juga suka duka kita mengikuti lomba-lomba, pentas di walimahan dan lainnya. Afwan kalau jadi agak serius, tapi pokonya tetep semangat ya akhi”, Diaz menanggapi, diakhiri dengan senyum simpul yang manis.

Untuk sekian kalinya suasana menjadi hening. Walaupun dalam hati, mungkin mereka berkata, “tumben si diaz ngomongnya bner, hehe”. Suasana haru tak dapat disingkirkan lagi.

Sekaligus memecah keheningan, Eman menyimpulkan,”Baiklah. Ane kira kita udah sepakat ya. Dengan ini ane selaku kapten NASI UDUK menyimpulkan, Dipta diberhentikan dengan tehormat dari tim nasyid NASI UDUK. Saksinya seluruh personil NASI UDUK. Apakah keputusan ini bisa disahkan?”.
“SAAHH...!!”, semua menjawab serempak.

Sesaat kemudian, nuansa kesedihan tak dapat dihindari lagi. Semua bergantian memeluk Dipta. Satu per satu memberikan semangat, meminta maaf juga mengucap janji-janji setia untuk tetap menjaga ukhuwah di antara mereka selamanya.


***

PS : Bwt dipta, nyante aja kali. Gw bukan mo ngusir ente dari tim kok, hehe... Bwt diaz, bcanda kali. Jangan marah kalo ente jadi tokoh “aneh” di NASI UDUK. Bumbu doang, ok...=). Yaah, memang duka tak bisa dihindarkan dalam lika-liku perjalanan kita, btul...?
ukhuwah fillah

No comments:

Passenger waited at Kenangan Station


Hanya selintas pemikiran untuk merangkai setiap stasiun kenangan dalam hidup saya menjadi sebuah rute perjalanan yang indah

About Me

Singapore, Jurong, Singapore
Full-Time Undergraduate Student Materials Science and Engineering Nanyang Technological University Singapore